Wednesday, September 24, 2008

Balada Sambel Tempe

Baru seminggu aku di Jakarta, tapi udah kangen luar biasa sama Jogja. Eduun..pokoknya! Miss my room, kangen naik motor, kangen bangun jam 4 pagi dan buka Puti. Hmmpfh.....

Banyak kemudahan yang bisa aku dapet, kalo aku stay di Jogja. Karena kerja di sana kayak holiday, liburan! Santaiiii banget! Aku pasti bisa dapet comfort zoneku, banyak fasilitas, pokoknya lengkap!! Dan, gak akan jauh-jauh dari orang-orang yang aku sayang...

Tapi banyak yang bilang, aku harus mencoba bertahan di sini. Aku juga selalu menantang diriku sendiri untuk bisa survive. Gak boleh ada alasan untuk balik ke Jogja karena gak tahan macet, lingkungan yang gak sehat, atau apalah! Yaaa..walaupun itu bisa jadi pertimbangan juga. Tapi at least, show your best! Kalo aku bisa, itu udah cukup! Disitulah aku akan dapat achievement dari apa yang aku korbankan, apa yang aku lakukan! Well ya....memang harus lebih baik dari ini.

Kembali ke masalah kangen. Di Jogja, aku biasa bangun pagi jam 4, habis itu nyalain Puti, terus bantu-bantu ibu dikit nyiapin sarapan. Kadang-kadang juga ikut ke pasar, belanja belenji sayuran. Terus sarapan bareng jam setengah 7 teng, dan habis itu mandi. Jam 8.30 biasanya semua udah siap, dan udah cabut sendiri-sendiri. Aku yang paling terakhir keluar dari rumah. Entah ke kampus atau ke kantor. Oouugh...ga akan ada daily schedule kayak gitu! Karena kekangenan yang gak wajar ini (karena antara kangen apa cuma beda rutinitas aja), aku mengobatinya dengan membuat makanan yang rumah banget di kontarakan Ruri. Yaitu..jreng..jreng...tempe goreng dengan sambel bawang. Resep jitu milik ortu, untuk obati rasa kangenku...

Mau tahu resepnya? Siapkan tempe, cabe rawit, 1 atau 2 siung bawang putih, dan garam. Tempenya dibumbui dengan bawang putih dan garam yang dihaluskan. Upss jangan lupa juga, tempenya harus digarit atau digaris-garis pake pisau bolak-balik biar bumbu ngeresap. Terus tempe digoreng. Terus, bawang putih ama cabe rawit dihaluskan, dan dikasih garam juga. Udaaah..jadii... Tempe gorengnya, bisa diulek ama sambel atau dipisah. Makannya, pake nasi putih yang panas..wuuihh..Enaaak gillaaaa... Bikin mata merem melek...hihihi....

Dan makanan ini, cukup membuatku merasa seperti di rumah. Karena yang biasa bikin ini tuh Bapak. Dan gak tau kenapa ya, tangannya bapak tuh kayak ada mantranya gitu lho! Habisnya semua makanan yang dia masak enak. Walaupun Bapak cuma masak makanan tertentu aja. Tapi...wuiiihh dahsyat! Sederhana banget! Tapi, dibalik kesederhanaan bumbu dan olahannya, ada cita rasa kuliner yang luar biasa...hahaha..kok jadi kayak ngebawain acara jalan-jalan ya! Tapi, tetep...nomor satu ya ibuku. Ya, karena belaiau juga yang masak hampir semua makanan di rumah. Hehehe...Bravo Bapak + Ibu....

Dan..hiks..makanan kangenan itu, efeknya ruaarrr biasa! Atinya jadi plong! (idiiihh norak banget ga sih!!) well...masih sebulan lagi aku baru bisa pulang, moga-moga gak akan sia-sia..
Uggghh...aku rindu rumahku!!

No comments: