Friday, January 30, 2009

komunikasi online

saia suka heran dengan website yang isinya cuma banyak copy dengan sedikit saja visual. apa menariknya website ini. walaupun memang isinya bagus, tapi tanpa hiasan visual sedikitpun jadi terkesan hambar, sepi, plain. tapi kadang juga suka capek, liatin website yang rame banget. banyak iklan ga penting nongol, dan pop up yang justru mengganggu mata.

media online yang rame maupun yang full of copy itu sesuai dengan jenis komunikasi online yang pada dasarnya dibagi jadi 2. untuk website yang full dengan gambar biasanya bertujuan untuk komunikasi jangka pendek saja. artinya orang melihat, orang tertaik, orang suka dan ingat. thats it! website yang dibangun hanya untuk kepentingan sesaat, dan tidak menggantungkan search engine untuk menyebarkan website tersebut. aktifitas marketing yang dilakukan namanya direct traffic ataupun refferal. dan untuk mengkomunikasikan website seperti ini bisa juga lewat word of mouth.

sedangkan untuk komunikasi jangka panjang web yang full of copy akan lebih efektif. website yang full copy biasanya dibuat agar bisa diakses lebih lama. website seperti ini digunakan untuk kepentingan corporate dan bisnis yang bersifat jangka panjang. visual-visual yang cenderung flashy dan berat juga dihindari. website semacam ini biasanya google friendly yang akan lebih mudah diakses untuk kepentingan jangka panjang. jadi masyarakat akan lebih mudah mengakses dengan keyword yang sederhana. untuk menyimpan data pun akan jadi lebih mudah. karena sekalinya kita ctrl+c otomatis yang akan ter-select hanya tulisan saja. kalo yang flashy kita harus lebih hati-hati (itu gampangannya aja).


jadi, mau membuat web yang seperti apa, sepertinya kita harus kembali dulu kepada kepentingan awal pembuatan website tersebut.


"sumber tulisan:virus.communications.com"

No comments: