Tuesday, March 3, 2009

"orang bule aja doyan"

saya jadi agak sesak napas ngliat iklan kopi Torabika yang baru (langsung sebut merek gapapa ya!). seperti iklan kopi lainnya, di iklan itu juga menampilkan nikmatnya orang minum kopi. yang jadi modelnya adalah seorang cowok bule dan si cantik Luna Maya. alurnya pun sama dengan iklan kopi yang lain, tapi rasanya pingin nglemparin TV pake kulit pisang waktu si LuMay (Luna Maya) bilang "bule aja doyan".

iklan ini juga lagi santer diomongin di milis CCI. secara tersirat dan tesurat, iklan ini secara gak langsung merendahkan saya, kamu, kita sebagai orang Indonesia. karena menurut saya, makna dari kata-kata "bule aja doyan" adalah, menyuruh penontonnya yang adalah orang Indonesia untuk minum kopi itu karena orang bule juga minum kopi yang sama. so whaaaattt kalo orang bule juga doyan sama kopi itu...itu mah urusan mereka. kenapa kita harus jadi pengekor. walaupun ada yang pro dan kontra, bahkan ada yang sama sekali tidak mengganggap itu jadi masalah, jauh dalam lubuk hati saya yang paling dalam (kakaka redundant amat yaa!!) saya merasa terhina. kenapa gak bilang, "kopi asli Indonesia yang telah mendunia, atau kopi asli Indonesia dengan standar internasional" (itu poinnya khan).

saya mungkin gak akan ngebahas istilah-istilah periklanan yang berat itu ya (hehehe ngeles). yang saya mau bahas adalah kenapa kita harus berkiblat sama standar luar. seakan apa yang orang bule suka adalah sesuatu yang keren. inget ya, mereka itu ga suka mandi pagi lho! apa itu juga sesuatu keren buat kita yang tinggal di daerah tropis? yang ada semua orang nutup idung kalo deket deket ama kita.

oke, kalo kita membicarakan ini gak pake emosi, kita bisa bilang kalo iklan ini bermaksud untuk mengangkat produk lokal. dan memberitahukan pada dunia bahwa produk Indonesia bisa juga jadi favorit orang asing, berarti produk Indonesia itu bermutu banget sampe bisa dikenal di negara lain. tapi ga juga gitu caranya kali'.

pernah liat iklan promo wisata Singapura atau Malaysia gak? di situ juga ada orang asing sebagai modelnya. tapi mereka ga bilang "orang bule aja demen piknik ke sini!" gaaakk....mereka adalah simbol global, simbol bahwa negara ini, tempat wisata ini bagus banget sampe orang asing mau berkunjung ke sini sama keluarganya. see...tidak ada hil yang mustahal...

gini aja, gimana kalo di iklan itu ceritanya diganti. orang bule dan Luna Maya adalah rekan kerja. mereka bertemu untuk meeting di kantor si bule itu, means settingnya di luar negeri. habis presentasi bule-bule itu ngobrol, lalu Luna ngasih kopi itu. si bule-bule itu pun suka banget sama kopi yang dibawa Luna dari Indonesia. ehmm...dan copynya "dari biji kopi lokal yang bermutu tinggi, Torabika telah mampu mencapai kualitas internasional yang membanggakan." ini kopi bodo-bodoannya aja ya...ceritanya aja masih acak adut...tapi...ga harus "orang bule aja suka" khaannn...

mungkin briefnya harus dibongkar. cara berpikirnya harus ditata ulang. konsep pun dipikir panjang hingga tidak merugikan pihak manapun. emang sih gak melanggar etika iklan dan BPOM, tapi kalo kita luaskan pikiran, iklan ini sudah merugikan kelokalan Indonesia yang bisa mengglobal dengan cara yang pantas dan lebih terhormat.

No comments: