Thursday, September 3, 2009

pattern

motif itu unik. bisa diciptakan dari banyak hal di dunia. dari coretan kasar, dari lukisan yang indah, garis-garis yang diwarna, atau titik kecil yang disebut polka. di seluruh dunia ada ribuan motif dan gambar yang bisa dijadikan motif. motif berasal dari bahasa prancis, patron.

yang paling banyak mengaplikasikan motif-motif adalah dunia fashion. para designer terkemuka dunia, tidak mau ketinggalan membuat banyak desain baru untuk setiap musimnya. motif menjadi salah satu alternatif yang paling banyak digunakan untuk variasi dalam busana. walaupun saat ini banyak juga berkembang simply cut dari para desainer dunia yang tidak banyak menampilkan motif dalam karyanya.

Indonesia sangat kaya dengan yang namanya motif. di seluruh indonesia tersebar kekayaan budaya yang bernilai tinggi dengan keragaman motif dalam aplikasinya. salah satu karya seni yang paling terkenal adalah batik dari pulau jawa. beragam model dan corak turut meramaikan industri fashion nasional bahkan hingga ke tingkat mancanegara.

namun jangan salah, batik yang identik dengan pulau jawa bisa juga ditemukan di luar pulau. seperti papua, kalimantan, nusa tenggara, sumatra, dan sulawesi. hanya nama dan coraknya saja yang berbeda.

salah satu hal yang membedakan batik dari pulau jawa dan luar pulau jawa adalah keragaman corak yang biasanya diambil dari legenda dan tradisi setempat. di yogyakarta, lukisan batik diambil dari cerita raja dan putri keraton, dan juga tentang gunung merapi.

dunia fashion tidak hentinya berinovasi dengan motif. semakin kreatif kita memadukannya, akan semakin cantik dilihat.

No comments: